SEKILAS INFO
  • / Laporan Infaq akan dirubah ke tampilan perolehan dan pengeluaran tiap bulan
  • / Perolehan Qurban 1445H : 23 ekor Sapi, 8 ekor Kambing
  • / Siaran langsung dr Mekah, Madinah & Al Aqsa. di Halaman Utama scroll ke paling bawah
  • / Hitung warisan (Ilmu faraid) ada di menu Info Kita
WAKTU :

Amalan Sebelum shalat Subuh yang Penuh Keutamaan

Terbit 11 Maret 2022 | Oleh : Hafidz | Kategori : Kat Tausiah
Amalan Sebelum shalat Subuh yang Penuh Keutamaan

Al-hidayah.id, Menelaah tausiyah ba’da subuh (11/3) oleh Ustadz Mursyad.
Jamaah subuh yang di Rahmati Allah SWT. Kalau kita perhatikan perkembangan media saat ini semakin hari semakin menjadi-jadi, orang-orang kaya di internet / youtuber memamerkan harta yang dia miliki, setelah di usut berasal dari harta yang tidak jelas.

Rasulullah ﷺ menuntun kita untuk melaksanakan sholat sunnah sebelum Subuh atau qobliyah diriwayatkan dari Imam Muslim, Rasulullah ﷺ bersabda :

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا
“Dua rakaat fajar (sholat sunah qobliyah shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim)
Itulah salah satu keutamaan shalat sunnah fajar yang dituntunkan oleh Rasulullah SAW. Begitu luar biasa keutamaannya, shalat sunnah fajar termasuk dalam kategori shalat sunnah rawatib atau shalat sunnah yang ditekankan pelaksanaannya.

Nilainya lebih baik dibandingkan yang dipamerkan di internet oleh para youtuber, walaupun shalat sunnah fajar lebih bagus dari dunia dan seisinya tidak layak juga untuk dipamerkan bahwa kita sudah melaksanakan shalat dua rakaat fajar, cukup Allah SWT yang tahu karena kebaikan ini adalah kebaikan di hadapan Allah SWT yang tidak perlu diketahui oleh orang lain.

Alhamdulillah di Masjid Al-hidayah khusus untuk shalat fajar ada waktu yang cukup untuk melaksanakan shalat sunnah karena ada jeda 13 menit dari adzan ke shalat subuh. Manfaatkan waktu tsb untuk shalat sunnah dan bergembiralah kita karena kita diberi kesempatan untuk mendapatkan kebaikan dunia dan isinya ini semakin terbuka luas.

Sebutan fajar sering diistilahkan pada waktu pagi hari. Namun secara lebih terperinci, waktu fajar merupakan saat di mana pergeseran antara waktu malam dan pagi. Qobliyah Subuh sendiri merupakan waktu sebelum shalat subuh. Inilah yang dinamakan fajar menurut ketentuan peribadatan umat Islam.

Lebih umum, fajar adalah saat keadaan langit diisi oleh cahaya kemerah-merahan menjelang matahari terbit di sisi timur. Waktu fajar juga merupakan pertanda akan segera dimulainya shalat fardu Subuh

Pada waktu fajar ini malaikat2 yang bertugas malam berkumpul di tempat2 ibadah, Ketika seseorang melaksanakan sholat subuh secara berjamaah di masjid, maka orang-orang tersebut akan disaksikan oleh para malaikat yang bertugas di malam dan siang hari.

Hal ini disampaikan oleh Rasulullah ﷺ dalam hadis riwayat Bukhari :

Rasulullah ﷺ bersabda: “ Malaikat-malaikat siang bergantian mendampingi kalian dengan malaikat-malaikat malam, dan mereka berkumpul pada waktu sholat Subuh dan Ashar. Setelah itu, malaikat yang semalaman menjaga kalian naik ke langit, lalu Allah bertanya kepada mereka – dan Dia lebih tahu tentang mereka-, ‘Bagaimana kalian tinggalkan hamba hamba Ku?’ Mereka menjawab, ‘Kami meninggalkan mereka dalam keadaan sholat, dan kami datang kepada mereka ketika mereka sholat,” (HR Bukhari).

SebelumnyaTebarkan salam diantara kalian SesudahnyaSilaturrahim, Menjalin hubungan dengan kerabat

Tausiyah Lainnya

Radio Al-Hidayah BDS 2

AL-HIDAYAH RADIO
https://www.qurantranslations.net/quran/pdf/id_translation_of_the_meaning_of_the_holy_quran_in_indonesian.pdf