SEKILAS INFO
  • / Laporan Infaq akan dirubah ke tampilan perolehan dan pengeluaran tiap bulan
  • / Perolehan Qurban 1445H : 23 ekor Sapi, 8 ekor Kambing
  • / Siaran langsung dr Mekah, Madinah & Al Aqsa. di Halaman Utama scroll ke paling bawah
  • / Hitung warisan (Ilmu faraid) ada di menu Info Kita
WAKTU :

Rasulullah ﷺ biasa membantu pekerjaan keluarganya di rumah

Terbit 17 Mei 2022 | Oleh : Hafidz | Kategori : Kat Tausiah
Rasulullah ﷺ biasa membantu pekerjaan keluarganya di rumah

Al-hidayah.id ( 17/5), Hadist Ba’da subuh,
Aisyah RA bersabda, “Rasulullah ﷺ berasabda,
“Sebaik-baik kalian adalah (suami) yang paling baik terhadap keluarganya dan aku adalah yang paling baik terhadap keluargaku.

Renungkanlah kondisi rumah tangga setiap muslim. Jika selalu dipenuhi dengan suara keras, lantang, kekasaran, atau teriak-teriak, maka harus muhasabah diri / Instropeksi diri, cepat perbaiki diri. Atau di rumah tangga kerap ada bentakan, bahkan istri berani mengangkat suara tinggi di hadapan suami, maka hal ini juga sangat tidak baik.
Perbaiki kondisi rumah dengan akhlak dan kelembutan, penuhi dengan senyuman. Kalau sudah seperti itu, niscaya Allah menebar kebaikan dalam keluarga muslimin .

Perlakuan Rasulullah terhadap istri-istrinya pun menjadi teladan. Beliau sering membantu pekerjaan sang istri, dalam satu hadits dikisahkan:

الأَسْوَدِ قَالَ سَأَلْتُ عَائِشَةَ مَا كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – يَصْنَعُ فِى أَهْلِهِ قَالَتْ كَانَ فِى مِهْنَةِ أَهْلِهِ ، فَإِذَا حَضَرَتِ الصَّلاَةُ قَامَ إِلَى الصَّلاَةِ

Dari Al Aswad, dia bertanya pada Aisyah RA, “Apa yang Nabi ﷺ lakukan ketika berada di tengah keluarganya?” ‘Aisyah menjawab, “Rasulullah ﷺ biasa membantu pekerjaan keluarganya di rumah. Jika telah tiba waktu sholat, beliau berdiri dan segera menuju sholat.” (HR Bukhari no. 4944 )

Inilah sedikit penjelasan tentang hadits tsb. semoga kita semua memiliki keluarga sakinah yaitu keluarga yang senantiasa memiliki rasa damai, tenang, tentram, dan aman pada setiap anggota keluarga, bahagia di dunia dan di akhirat, Semoga Allah selalu memudahkan kita. Aamiin

 

SebelumnyaShalat lima waktu sebagai Kafarah ( Penebus kesalahan) SesudahnyaKata Abu Jahal Tentang Pribadi Nabi Muhammad

Tausiyah Lainnya

Radio Al-Hidayah BDS 2

AL-HIDAYAH RADIO
https://www.qurantranslations.net/quran/pdf/id_translation_of_the_meaning_of_the_holy_quran_in_indonesian.pdf